Pada hari Sabtu, 14 Juli 2018, Fakultas Pendidikan Bahasa kembali menggelar dua workshop sekaligus yaitu workshop Pengembangan Roadmap Riset Unggulan dalam rangka penyusunan Rencana Induk Penelitian (RIP) yang di pandu oleh Prof. Agus Setyo Muntohar dan juga workshop Penelitian Payung yang dipandu oleh Dr., Nawari Ismail. Acara workshop ini dihadiri oleh dosen Fakultas Pendidikan Bahasa.

Adapun tujuan diadakannya workshop pengembangan roadmap riset unggulan adalah supaya Fakultas Pendidikan Bahasa memiliki Rencana Induk Penelitian (RIP) di tingkat fakultas dan program studi. Sedangkan tujuan dari workshop penelitian payung adalah menghasilkan penelitian kolaboratif antara dosen dan asisten penelitian (mahasiswa) yang bersinergi dengan bidang kompetensi, bidang ilmu dan penelitian dari masing-masing dosen.

Dalam sesi workshop pertama yaitu workshop Pengembangan Roadmap Riset Unggulan, Prof Agus Muntohar menjelaskan bahwa setidaknya ada beberapa unsur yang harus dicantumkan dalam roadmap penelitian tersebut diantara nya yaitu topik besar penelitian yang akan dilaksanakan, target pencapaiannya, waktu pelaksanaan, dan tahap-tahap penelitian.

Selanjutnya setelah selesainya kegiatan penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan wokshop penelitian payung yang diisi oleh Dr, Nawari Ismail. Dalam kesempatan kali ini beliau memaparkan bahwasanya penelitian payung ini sebaiknya lebih memfokuskan pada Relevansi penelitian dan kesesuaian materi penelitian sehingga dapat meningkatkan mutu dan hasil penelitian. Setelah pemaparan materi dari kedua narasumber, acarapun dilanjutkan dengan pembuatan RIP sesuai dengan program studi masing-masing. Tujuannya agar para dosen dapat mengaplikasikan secara langsung apa yang disampaikan oleh narasumber.