Profil

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) didirikan pada tanggal 29

Dzulqo’dah 1433 H, bertepatan dengan tanggal 15 Oktober 2012 M. Pada saat ini Fakultas Pendidikan Bahasa menyelenggarakan pendidikan tinggi Strata 1 di bidang Pendidikan Bahasa, meliputi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, danProgram Studi Pendidikan Bahasa Jepang.

Sesuai dengan visi fakultas yang selaras dengan visi universitas, FPB bertekad untuk menjadi fakultas pendidikan yang modern, profesional, berkarakter, berwawasan internasional dan berlandaskan Islam demi keutamaan kehidupan umat sesungguhnya merupakan cita-cita besar dan ideal sebagai inspirasi yang kuat bagi seluruh Civitas FPB UMY untuk terus berkarya dengan jiwa kepeloporan dan keunggulan. Namun demikian, disadari sepenuhnya bahwa jati diri FPB UMY yang sesungguhnya terletak pada kekuatan jiwa untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, yang telah diletakkan sebagai fondasi utama sejak lembaga ini didirikan.

Dengan demikian, ketika visi FPB UMY dibawa ke dalam konteks global, FPB UMY harus menempatkan kepeloporan dan keunggulan bidang ilmu pendidikan bahasa dengan penguatan nilai-nilai islami sebagai bendera utamanya

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa

Dr. Suryanto

Sambutan dekan

Fakultas Pendidikan Bahasa adalah Fakultas baru di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMY No: 109/SK UMY/IV/2013 tanggal 11 April 2013. Fakultas Pendidikan Bahasa memiliki 3 Program Studi: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, dan Pendidikan Bahasa Jepang.
Pendirian Fakultas Pendidikan Bahasa tentu tidak dapat dipisahkan dari berdirinya tiga prodi di dalamnya dan Pusat Pelatihan Bahasa serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY sebagai “bidan-bidan” berdirinya Fakultas Pendidikan Bahasa. Dimulai dari persetujuan lisan dari Ir. Dasron Hamid, M.Sc. selaku rektor UMY pada masa itu, dimulailah pembuatan proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang dimotori oleh Kepala Pusat Pelatihan Bahasa UMY, Jati Suryanto, S.Pd. Tim Task force yang diketuai Suryanto, S.Pd., M.H.Sc. segera bergerak melakukan riset pasar dan studi kelayakan dilanjutkan dengan penyusunan proposal pendirian Prodi ke Ditjend Dikti pada tahun 2009. Didukung anggota tim yang solid yang terdiri dari Maryam Sorohiti, SS. M.H.Sc., Gendroyono, S.Pd., M.Pd, Sri Sudarsi, SS., Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum, Jati Suryanto, S.Pd., Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., MA, Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., MA dan Indah Puspawati, S.Pd., siang malam tim ini bekerja demi terwujudnya Prodi yang dicita-citakan. Akhirnya pada bulan Mei 2010, prodi baru itupun berdiri dengan menginduk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pada waktu itu dipimpin Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. Banyak sekali peran Fisipol dalam mendukung berlanjutnya pendirian program studi lainnya.
Tidak lama setelah berdirinya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kepala Pusat Pelatihan Bahasa segera mengumpulkan instruktur Bahasa Arab dan Bahasa Jepang di unit kerjanya untuk mempersiapkan proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Jepang. Dipimpin Erfan Ghazali, S.Ag., M.Ag. dan Ana Taqwa Wati, S.Pd.I. untuk Bahasa Arab dan Drs. Muhamad Kusnendar dan Drs. Mahmud Janal, proposal pendirian kedua Prodi baru itu selesai dan dikirim ke Ditjen Dikti pada tahun 2011. Selanjutnya dengan dukungan tenaga-tenaga muda lulusan dari UIN Sunankalijaga Yogyakarta berdirilah Prodi Pendidikan Bahasa Arab pada tahun 2012 dan dengan SDM lulusan Pasca Sarjana UPI Bandung yang dimotori Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D. berdirilah Prodi Pendidikan Bahasa Jepang pada tahun 2013. Dengan telah berdirinya 3 Prodi tersebut, Rektor UMY Ir. Dasron Hamid pada akhir masa jabatannya menetapkan berdirinya Fakultas Pendidikan Bahasa pada bulan Oktober 2013. Dengan SK tanggal 15 Oktober 2013, ditetapkanlah Jati Suryanto, S.Pd., MA, sebagai pejabat Dekan antar waktu sampai terpilihnya Dekan definitive yang akan dilantik pada bulan Juni 2013. Dengan demikian mulailah sejarah baru FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA, nama fakultas yang fenomenal karena dipilih oleh Rektor yang legendaris dalam akhir masa jabatannya yang sangat heroik. Surat Keputusan Rektor tentang pendirian Fakultas Pendidikan  Bahasa ditandatangani oleh Rektor baru, Profesor Dr. Bambang Cipto MA pada tanggal 11 April 2013. Pimpinan Fakultas yang pertama kali adalah Dekan: Jati Suryanto, S.Pd., MA, Wakil Dekan 1: Drs. M. Kusmendar, M.Pd., Dan Wakil Dekan 2: Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D.
Untuk saat ini akreditasi masing-masing program studi yang terdapat di Fakultas Pendidikan Bahasa yaitu:

NO

PROGRAM STUDI

AKREDITASI

1

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

A

2

PENDIDIKAN BAHASA ARAB

B

3

PENDIDIKAN BAHASA JEPANG

B

 

Kepoloporan dan keunggulan tersebut terletak pada kreativitas dan produktivitas yang dimiliki oleh sivitas akademika, yang proses dan hasilnya dikawal dengan standar mutu yang tinggi. Dalam bingkai visi ini, bidang ilmu pendidikan bahasa memperoleh perhatian sangat khusus, mengingat kekuatan dan jati diri FPB UMY yang sesungguhnya memang berkisar pada bidang Ilmu pendidikan bahasa berdasarkan nilai-nilai islami. Namun demikian, disiplin dan bidang keilmuan lain tetap dikembangkan dengan sungguh-sungguh sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan disiplin ilmu pendidikan bahasa. Dengan demikian, kepeloporan dan keunggulan tercermin pula dalam konsep pengembangan keilmuan yang dilakukan di lingkungan FPB UMY. Visi UMY “Unggul dan Islami” merupakan penguatan dan penegasan dari visi FPB UMY bagi seluruh sivitas akademika untuk menjadikan FPB UMY sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terpandang, berwibawa, dan bermartabat pada tataran nasional dan internasional, sehingga mampu memberikan inspirasi dan menjadi rujukan perumusan kebijakan bidang ilmu pendidikan bahasa.

VISI 

MENJADI FAKULTAS PENDIDIKAN YANG PROFESIONAL, BERWAWASAN INTERNASIONAL DAN BERLANDASKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA TAHUN 2021.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat secara profesional;
  2. Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menerapkan metode pembelajaran yang terbaru dengan mengembangkan teknik, metodologi dan pendekatan belajar secara kreatif.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bahasa yang ditopang dengan kemajuan teknologi yang berkualitas, berdaya saing global, dan relevan dengan tujuan pendidikan nasional.

TUJUAN UMUM

Terwujudnya pendidik profesional yang memiliki kompetensi pedagogi, personal, sosial, dan profesional yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi umat, bangsa dan kemanusiaan

Tujuan Khusus:

1. Menguasai, mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dijiwai oleh nilai keislaman, kemanusiaan, akhlakul karimah dan etika luhur;
2. Menghasilkan pendidik profesional yang mampu menjadi uswatun khasanah bagi lingkungannya guna memenuhi kebutuhan dunia pendidikan nasional maupun internasional;
3. Menghasilkan penelitian dan karya Ilmiah yang menjadi rujukan pada tingkat nasional dan internasional;
4. Mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang ditopang oleh nilai-nilai Islam yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, kejujuran, kesungguhan dan tanggap terhadap perubahan;
5. Menciptakan iklim akademik/academic atmosphere yang dapat menumbuhkan pemikiran-pemikiran terbuka, kritis-konstruktif dan inovatif;
6. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi nasional maupun internasional untuk memajukan pendidikan, penelitian, manajemen dan pelayanan;
7. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang islami dalam konteks kehidupan individual maupun sosial.

1

Kurikulum

A

Dalam bentuk Pengorganisasian

  Kurikulum Pendidikan Tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiananya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di institusi perguruan tinggi.
Fakultas Pendidikan Bahasa memfasilitasi penyusunan, implementasim dan pengembangan kurikulum program studi dilingkungan fakultas dalam bentuk dukungan pengorganisasian, fasilitas, dan pendanaan.
  Fakultas menetapkan Prosedur Operasi Standar (SOP) dalam penyusunan kurikulum dimana penyusunan dan pengembangan kurikulum diinisisasi oleh rumpun dan minat masing-masing prodi yang melingkupi minat pengajaran Bahasa, Bahasa, terjemahan, pembelajaran Bahasa, kurikulum, dan budaya.

Terkait dengan diberlakukannya Permendiknas no 17 tahun 2010, pada saat ini fakultas memfasilitasi prodi untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dalam pelaksanaanya membutuhkan penyesuaian dalam hal materi ajar, dosen, ruang kuliah, dan keuangan. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterapkan mengacu pada SK Rektor tentang pelaksanaan KBK dilingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 
 
 
 

B

Dalam Hal Fasilitas

  Fakultas memfasilitasi program studi dalam implementasi kurikulum yang baru menggunakan fasilitas-fasilitas yang dimiliki berupa: sosialisasi kurikulum baru melalui berbagai media, konversi nilai dari kurikulum lama ke kurikulum baru yang dibantu oleh staff tata usaha, dan set up kurikulum pada Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK).

C

Dalam Hal Pendanaan

  Dalam rangka kegiatan evaluasi dan pengembangan kurikulum yang bersifat rutin setiap tahun, fakultas memfasilitasi prodi dalam hal pendanaan (10% dari 45% SPP Variabel yang dikelola fakultas) dengan mengalokasikan dana bagi setiap prodi melalui Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja UMY.

2

Pembelajaran

A

Peran dalam Sistem Penjaminan Mutu

  Ada beberapa hal yang telah dilakukan oleh Fakultas Pendidikan Bahasa sejak berdirinya tiga program studi, diantaranya:   Fakultas Pendidikan BahasaUMY telah memiliki sistem penjaminan mutu yang terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu di tingkat universitas. Dalam sistem tersebut, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran didukung dengan adanya Gugus Kendali Mutu (GKM) yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing program studi. GKM bertugas melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembelajaran baik perkuliahan, praktikum, praktik lapangan, dan ujian. Secara berkelanjutan setiap semester GKM mengadakan pertemuan dengan mahasiswa dan para penanggungjawab kegiatan akademik untuk mendiskusikan capaian-capaian akademik dan perencanaan mutu  kademik. Setiap semester, dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi internal (MONEVIN), GKM menyusun kuesioner dan mengumpulkan data kinerja dari masing-masing program studi untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kesimpulan dan temuan hasil evaluasi tersebut dilaporkan kepada Badan Kendali Mutu (BKM) Laporan Kinerja Unit Kerja untuk diolah dan diintegrasikan menjadi Laporan Kinerja Akademik Universitas secara komprehensif dan dilaporkan pada mekanisme Rapat Kerja Tengah Tahunan Universitas (RKTT) pada akhir semester gasal/awal semester genap dan hal yang sama juga dilakukan untuk Rapat Kerja Tahunan (RKT) pada akhir tahun secara kontinyu dan terus menerus.

3

Suasana Akademik

A

Dukungan dalam bentuk Kebijakan

  Fakultas Pendidikan Bahasa sangat concern dengan terciptanya suasana akademik. Salah satu indikator terciptanya suasana akademik di Fakultas Pendidikan Bahasa adalah bahwa mahasiswa dan dosen betah berlama-lama di kampus. Dengan dasar indikator inilah Fakultas Pendidikan Bahasa mencoba memberi fasilitasi kepada prodi-prodi untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif. Dukungan yang telah diberikan Fakultas Pendidikan Bahasa dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif adalah melalui:   Dalam mendukung suasanaakademik yang kondusif, fakultas telah menetapkan dan memberlakukan kebijakan yang baku dan berlaku bagi semua civitas akademik yang tertuang dalam buku panduan akademik meliputi kebijakan mengenai organisasi dan personalia, jenis perkuliahan, ketentuan dan prosedur akademik, ujian dan evaluasi hasil studi, yudisium dan wisuda, kelembagaan, unit pelaksana teknis dan unit pendukung, pembinaan dan pengembangan mahasiswa, Kode Etik Dosen, serta Tata Tertib Mahasiswa.

B

Dukungan dalam bentuk Sarana dan Prasarana

  Untuk mewujudkan suasanaakademik yang kondusif, diperlukan sarana dan prasarana. Dukungan sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh FPB UMYbagi seluruh civitas akademika meliputi: perpustakaan, ruang sidang, kantin, masjid, poliklinik, pojok diskusi, plasa UKM, ruang seminar, zona diskusi alami, asrama pesantren mahasiswa (UNIRES), lapangan olah raga, mini theatre,  Ruang SCL (Student Center Learning), Laboratorium Bahasa, Ruang Pamer Akademik FPB UMY, American Corner, Warung Perancis, Ruang Sekretariat BEM, Senat, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan, Ruang Sidang FPB UMY, WIFI, Anjungan Komputer Sistem Informasi Manajemen Akademik, Katalog Skripsi Digital, Student Center, Taman diskusi, dan lain-lain.

C

Dukungan dalam bentuk Pendanaan

  Selain kebijakan dan saranaserta prasarana, FPB UMY juga memberikan dukungan pendanaan bagi mahasiswa dan dosen di masing-masing prodi untuk dapat terwujudnya suasana akademik yang kondusif tersebut.

D

Dukungan dalam bentukKegiatan Akademik didalam dan diluar Kelas

  Fakultas sangat mendukungkegiatan-kegiatan baik dosen maupun mahasiswa yang mendukung penciptaan suasana akademik dengan terciptanya interaksi akademik yang baik antar mahasiswa, antara mahasiswa dan dosen, dan antar dosen. Beberapa kegiatan di dalam kelas yang telah dilakukan dengan dukungan fakultas yaitu: kegiatan perkuliahan yang berbasis mahasiswa (student center learning) yang difasilitasi dengan piranti-piranti yang mendukung berupa ruang kelas dengan disain SCL, kuliah pengembangan diri yang difasilitasi dengan piranti seperti sound system dan perangkat mulimedia, dan ruang kuliah reguler yang dilengkapi dengan fasilitas LCD yang terpasang di ceiling, sound system dan akses internet. Kelas-kelas tersebut terlaksana dengan interaksi akademik yang baik antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dan dosen.
Kegiatan-kegiatan akademikdiluar kelas juga dilaksanakan dengan dukungan fakultas antara lain: diskusi aktual, forum diskusi e-learning, forum milis dosen FPB UMY, UKM, HMJ, BEM, senat mahasiswa, pembimbingan skripsi dan akademik, penelitian kemitraan, pengabdian kompetisi yang melibatkan mahasiswa, kuliah umum, kuliah lapangan, pemanfaatan fasilitas wifi, dan kegiatan English club mahasiswa, dan kegiatan Tuesday Meeting di tingkat universitas.

 

Perpustakaan
Perpustakaan

Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium komputer
Laboratorium komputer

Merupakan pusat fasilitas komputer mahasiswa untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa

Laboratorium pendidikan agama islam
Laboratorium pendidikan agama islam

Salah satu program wajib di prodi pendidikan agama islam UMY adalah praktikum pendidikan agama islam