Pada tanggal 25 Juni 2018, Dr. Suryanto dan Dedi Suryadi, Ph.D selaku Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Publikasi Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bertolak ke Hiroshima City, Jepang. Dalam agenda kali ini, Dekan dan Wakil Dekan FPB akan melangsungkan berbagai kegiatan guna untuk mengembangkan kerjasama antara FPB khususnya Pendidikan Bahasa Jepang dengan Universitas dan perusahaan di Jepang. Kegiatan ke Jepang ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 26 -29 Juni 2018.

Pada kesempatan ini, pihak Fakultas Pendidikan Bahasa melakukan kunjungan kampus ke Hiroshima University. Selain melangsungkan kunjungan kampus, kegiatan ini sekaligus sebagai inisiasi kerjasama antara FPB dengan Perusahaan Hirokawa Enath. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan jalinan kerjasama FPB dengan pihak kampus terkait untuk kedepannya.

FPB berupaya untuk memperluas kerjasama dengan beberapa perusahaan di Jepang yaitu dengan melangsungkan kegiatan Observasi lokasi internship mahasiswa FPB di Hirokawa Enath di Hiroshima Jepang. Hal tersebut bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa FPB untuk mampu mengaplikasikan serta menambah pengertahuan mereka di bidang Bahasa Jepang.