Pada 23 Oktober yang lalu, Fakultas Pendidikan Bahasa menerima kunjungan delegasi dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Pada kunjungan kali ini, delegasi USIM dari Fakultas Pengajian Bahasa Utama (FPBU) USIM yakni Prof Madya DR. Noor Azizi bin Ismail, Dr. Ramiaida Darmi, Dr. Rosilawati Ramlan dan Dr. Badrul Munir Muhammad Nur menawarkan kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Fakultas Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan dari delegasi UMY dihadiri oleh Bapak Eko Priyo Purnomo, Ph.D selaku Direktur Lembaga Kerjasama UMY, Bapak Dedi Suryadi, Ph.D dan Nanang Joko Purwanto, M.Pd.I selaku Wadek I dan II FPB, dan beberapa dosen FPB dan FAI.

Pada agenda ini, kedua belah pihak menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjalin kerjasama antara USIM dan UMY. Diantaranya yaitu adanya rencana program pertukaran mahasiswa (Students Exchange), pertukaran staff (Staff Exchange), dual degree program, supervisor program, journals program, dan joint research program. Senada dengan hal tersebut, para delegasi juga menyampaikan mengenai peraturan dan syarat yang berlaku untuk program kerjasama dari masing-masing universitas.

Pada akhir pertemuan ini, para delegasi yakni dari Fakultas Pengajian Bahasa Utama dengan Fakultas Pendidikan Bahasa saling menjelaskan mengenai kondisi dan program yang di masing-masing Fakultas. Hal tersebut bertujuan untuk saling memberikan gambaran mengenai kondisi akademik dari tiap Fakultas.