YUDISIUM PERIODE II TA 2017/2018

Januari 10, 2018 oleh : admin

Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah melaksanakan Yudisium Periode II tahun akademik 2017/2018 pada hari Sabtu, 6 Januari 2018.  Bertempat di Gedung KH. Ibrahim E.6, Ruang Amphitheathere lantai 5. Acara Yudisium dipimpin langsung oleh Dekan FPB, Dr Suryanto serta dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Publikasi Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D. dan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan Nanang Joko Purwanto, S.S., M.Pd.I., serta Kepala dan Sekretaris  Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Jepang.

Acara yudisium dimulai dengan pembacaan kalam ilahi, pembukaan, sambutan dan pengambilan penandatanganan berita acara yudisium periode II TA. 2017/2018 yang dipimpin langsung oleh Dekan FPB, penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL) kepada calon wisudawan serta diakhiri dengan acara Job Hunting. Pada yudisium periode II kali ini, FPB UMY berhasil meluluskan 56 mahasiswa dengan perincian:

34  mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris,

8 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab,

14 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Wisudawan terbaik diraih oleh mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Jepang atas nama Tifa Nurfauziah yang merupakan wisudawan terbaik FPB yang telah berhasil menyelesaikan masa studinya selama 4 tahun 2 bulan 23 hari dengan IPK 3,96. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam upaya meluluskan kita semua dan yang telah membimbing kita semua dari awal sampai pada acara yudisium ini,” tutur Tifa dalam sambutannya.

Selanjutnya, Dekan FPB menyampaikan ucapan selamat bagi calon wisudawan Fakultas Pendidikan Bahasa. Dr. Suryanto menegaskan bahwa yudisium ini menjadi moment pada titik tertentu dan selanjutnya kalian akan melanjutkan ke titik selanjutnya. Semoga kalian semua yang ikut dalam Yudisium periode II ini akan mendapat tempat terbaik setelah lulus dari FPB UMY. Dr. Suryanto juga menambahkan peribahasa “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, yang mempunyai arti bahwa dimanapun kalian melanjutkan titik setelah ini, kalian harus menghormati atau mematuhi adat-istiadat dimana tempat kalian tinggal”, jelas Dr. Suryanto dalam mengakhiri sambutannya.

Acara yudisium diakhiri dengan Job Hunting yang dipimpin oleh Gendroyono, M.Pd. selaku Dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris. Gendroyono, M.Pd. menyampaikan bahwa selain mengikuti Job Fair atau event-event yang berhubungan dengan job vacancy, ada baiknya para job seeker mempunyai relationship atau koneksi serta soft-skill yang bagus. Adapaun yang paling dibutuhkan dalam dunia pekerjaan antara lain seperti: Leadership, time management, responsibility, communicative skill, professionality, dan kerja sama tim. Terakhir, dalam penyampaiannya beliau berpesan bahwa para job seeker harus mengetahui Do’s,  Dont’s serta apa-apa saja yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat mendaftar pekerjaan nanti.