Hari Jum’at 31 Agustus 2018 menjadi hari tak terlupakan bagi 69 mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa, karena pada hari tersebut secara resmi ke 69 mahasiswa tersebut dinyatakan lulus dalam Acara Yudisium Fakultas Pendidikan Bahasa Periode I TA 2018-2019. Penyelenggaraan acara ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa yakni Dr.Suryanto serta dihadiri oleh pimpinan Fakultas yang lain yakni Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Publikasi; serta pula dihadiri oleh Ketua dan Sekertaris dari Prodi Bahasa Pendidikan Inggris, Prodi Bahasa Pendidikan Arab, dan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Acara yang diselenggarakan di Gedung K.H Ibrahim E.7 Ruang Amphitheater ini dimulai dengan pembacaan kalam illahi, pembukaan, laporan yudisium dari tiap prodi yang dibacakan oleh masing-masing Ka.Prodi, penandatanganan Berita Acara Yudisium Periode I TA 2018-2019, penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL) kepada para wisudawan/wisudawati dan diakhiri dengan sesi job hunting training. Pada yudisium periode I ini Fakultas Pendidikan Bahasa berhasil meluluskan 69 mahasiswa diantaranya yaitu

45 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

8 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab

16 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang

Penyabet predikat wisudawan terbaik Fakultas Pendidikan Bahasa pada Yudisium Periode I TA 2018-2019 yakni Rizky Permana yang merupakan mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Ia telah menyelesaika masa studi selama 3 tahu, 11 bulan, dan 9 hari dengan IPK 3.94 yang juga meraih predikat Cumlaude. Dalam sambutannya, Rizky menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dosen dan staff yang telah membimbing serta membantu dalam proses belajar, serta ucapan terima kasih kepada para teman-teman seperjuangan. Kelulusan ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk diri sendiri dan orang tua, dan semoga dengan kelulusan ini dapat membuka peluang-peluang kepada kita untuk menapak ke jenjang kehidupan selanjutnya. Teruslah kita menuntuk ilmu dan mengembangkan ilmu yang telah kita dapat, imbuhnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Suryanto selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “selamat kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati yang telah sukses berjuang menyelesaikan studi SI. Jadilah manusia yang humble, bertutur kata baik, memiliki intelligence dan softskill yang baik karena itu merupakan modal besar untuk menjadi orang yang sukses. Dan jadilah manusia yang senantiasa menuntut ilmu karena kesuksesan di dunia dan akhirat dapat diraih dengan ilmu”, tuturnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi Job Hunting Training yang dibimbing langsung oleh Bapak Gendroyono,M.Pd, beliau merupakan salah satu dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam materinya beliau menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh para wisudawan/wisudati dalam mencari pekerjaan seperti mengikuti Job Fair atau event-event yang berhubungan dengan job vacancy. Beliau juga menyampaikan bahwa ada baiknya para Job Seeker mempunyai softskill yang baik seperti Leadership, Time Management, Responsibility, Communication Skill, Team Work, dan Professionality, dikarenakan hal tersebut merupakan modal yang sangat penting dalam dunia kerja. Terakhir, beliau menyampaikan bahwa para Job Seeker harus mengetahui Do’s dan Dont’s, serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mendaftar pekerjaan nantinya.