Fakultas Pendidikan Bahasa dipercayai oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menjadi Lembaga Penyelenggara Diklat. Sehubungan dengan hal tersebut,

LPD UMY telah melaksankana diklat penguatan kepala sekolah dana Banpem 2019 pada 16 – 23 September 2019 di Hotel Colombo. Peserta kegiatan diklat penguatan kepala sekolah sebanyak 129 peserta terdiri dari 7 kepala sekolah SMA dan SMK, dan 122 Kepala sekolah SMP regional D.I. Yogyakarta yang terbagi menjadi 4 kelas, dengan jumlah pengajar diklat sebanyak 8 orang.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan pada 16 September yang dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bapak Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM dan Bapak Dr. Suryanto selaku Ketua LPD Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh Bapak Dr. Ir. Gunawan Budiyanto dan materi kebijakan pemerintah yang disampaikan oleh Ibu Dra. Mulyati Yuni Praptiwi, M.Si selaku Kepala Bidang GTK Dinas Dikpora D.I. Yogyakarta.

Kemudian kegiatan berlanjut sampai dengan delapan hari berisi kegiatan kelas dan game oleh peserta dan pengajar Diklat. Setelah mengikuti pelatihan selama delapan hari, para peserta dinyatakan lulus semua dengan rata-rata nilai cukup memuaskan.