Proses Pembelajaran

1

Kurikulum

A

Dalam bentuk Pengorganisasian

  Kurikulum Pendidikan Tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiananya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di institusi perguruan tinggi.

Fakultas Pendidikan Bahasa memfasilitasi penyusunan, implementasim dan pengembangan kurikulum program studi dilingkungan fakultas dalam bentuk dukungan pengorganisasian, fasilitas, dan pendanaan.

  Fakultas menetapkan Prosedur Operasi Standar (SOP) dalam penyusunan kurikulum dimana penyusunan dan pengembangan kurikulum diinisisasi oleh rumpun dan minat masing-masing prodi yang melingkupi minat pengajaran Bahasa, Bahasa, terjemahan, pembelajaran Bahasa, kurikulum, dan budaya.

 

Terkait dengan diberlakukannya Permendiknas no 17 tahun 2010, pada saat ini fakultas memfasilitasi prodi untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dalam pelaksanaanya membutuhkan penyesuaian dalam hal materi ajar, dosen, ruang kuliah, dan keuangan. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterapkan mengacu pada SK Rektor tentang pelaksanaan KBK dilingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

 

 

 

 

B

Dalam Hal Fasilitas

  Fakultas memfasilitasi program studi dalam implementasi kurikulum yang baru menggunakan fasilitas-fasilitas yang dimiliki berupa: sosialisasi kurikulum baru melalui berbagai media, konversi nilai dari kurikulum lama ke kurikulum baru yang dibantu oleh staff tata usaha, dan set up kurikulum pada Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK).

C

Dalam Hal Pendanaan

  Dalam rangka kegiatan evaluasi dan pengembangan kurikulum yang bersifat rutin setiap tahun, fakultas memfasilitasi prodi dalam hal pendanaan (10% dari 45% SPP Variabel yang dikelola fakultas) dengan mengalokasikan dana bagi setiap prodi melalui Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja UMY.

2

Pembelajaran

A

Peran dalam Sistem Penjaminan Mutu

  Ada beberapa hal yang telah dilakukan oleh Fakultas Pendidikan Bahasa sejak berdirinya tiga program studi, diantaranya:   Fakultas Pendidikan BahasaUMY telah memiliki sistem penjaminan mutu yang terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu di tingkat universitas. Dalam sistem tersebut, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran didukung dengan adanya Gugus Kendali Mutu (GKM) yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing program studi. GKM bertugas melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembelajaran baik perkuliahan, praktikum, praktik lapangan, dan ujian. Secara berkelanjutan setiap semester GKM mengadakan pertemuan dengan mahasiswa dan para penanggungjawab kegiatan akademik untuk mendiskusikan capaian-capaian akademik dan perencanaan mutu  kademik. Setiap semester, dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi internal (MONEVIN), GKM menyusun kuesioner dan mengumpulkan data kinerja dari masing-masing program studi untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kesimpulan dan temuan hasil evaluasi tersebut dilaporkan kepada Badan Kendali Mutu (BKM) Laporan Kinerja Unit Kerja untuk diolah dan diintegrasikan menjadi Laporan Kinerja Akademik Universitas secara komprehensif dan dilaporkan pada mekanisme Rapat Kerja Tengah Tahunan Universitas (RKTT) pada akhir semester gasal/awal semester genap dan hal yang sama juga dilakukan untuk Rapat Kerja Tahunan (RKT) pada akhir tahun secara kontinyu dan terus menerus.
 

3

Suasana Akademik

A

Dukungan dalam bentuk Kebijakan

  Fakultas Pendidikan Bahasa sangat concern dengan terciptanya suasana akademik. Salah satu indikator terciptanya suasana akademik di Fakultas Pendidikan Bahasa adalah bahwa mahasiswa dan dosen betah berlama-lama di kampus. Dengan dasar indikator inilah Fakultas Pendidikan Bahasa mencoba memberi fasilitasi kepada prodi-prodi untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif. Dukungan yang telah diberikan Fakultas Pendidikan Bahasa dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif adalah melalui:   Dalam mendukung suasanaakademik yang kondusif, fakultas telah menetapkan dan memberlakukan kebijakan yang baku dan berlaku bagi semua civitas akademik yang tertuang dalam buku panduan akademik meliputi kebijakan mengenai organisasi dan personalia, jenis perkuliahan, ketentuan dan prosedur akademik, ujian dan evaluasi hasil studi, yudisium dan wisuda, kelembagaan, unit pelaksana teknis dan unit pendukung, pembinaan dan pengembangan mahasiswa, Kode Etik Dosen, serta Tata Tertib Mahasiswa.
 

B

Dukungan dalam bentuk Sarana dan Prasarana

  Untuk mewujudkan suasanaakademik yang kondusif, diperlukan sarana dan prasarana. Dukungan sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh FPB UMYbagi seluruh civitas akademika meliputi: perpustakaan, ruang sidang, kantin, masjid, poliklinik, pojok diskusi, plasa UKM, ruang seminar, zona diskusi alami, asrama pesantren mahasiswa (UNIRES), lapangan olah raga, mini theatre,  Ruang SCL (Student Center Learning), Laboratorium Bahasa, Ruang Pamer Akademik FPB UMY, American Corner, Warung Perancis, Ruang Sekretariat BEM, Senat, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan, Ruang Sidang FPB UMY, WIFI, Anjungan Komputer Sistem Informasi Manajemen Akademik, Katalog Skripsi Digital, Student Center, Taman diskusi, dan lain-lain.

C

Dukungan dalam bentuk Pendanaan

  Selain kebijakan dan saranaserta prasarana, FPB UMY juga memberikan dukungan pendanaan bagi mahasiswa dan dosen di masing-masing prodi untuk dapat terwujudnya suasana akademik yang kondusif tersebut.

D

Dukungan dalam bentukKegiatan Akademik didalam dan diluar Kelas

  Fakultas sangat mendukungkegiatan-kegiatan baik dosen maupun mahasiswa yang mendukung penciptaan suasana akademik dengan terciptanya interaksi akademik yang baik antar mahasiswa, antara mahasiswa dan dosen, dan antar dosen. Beberapa kegiatan di dalam kelas yang telah dilakukan dengan dukungan fakultas yaitu: kegiatan perkuliahan yang berbasis mahasiswa (student center learning) yang difasilitasi dengan piranti-piranti yang mendukung berupa ruang kelas dengan disain SCL, kuliah pengembangan diri yang difasilitasi dengan piranti seperti sound system dan perangkat mulimedia, dan ruang kuliah reguler yang dilengkapi dengan fasilitas LCD yang terpasang di ceiling, sound system dan akses internet. Kelas-kelas tersebut terlaksana dengan interaksi akademik yang baik antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dan dosen.

Kegiatan-kegiatan akademikdiluar kelas juga dilaksanakan dengan dukungan fakultas antara lain: diskusi aktual, forum diskusi e-learning, forum milis dosen FPB UMY, UKM, HMJ, BEM, senat mahasiswa, pembimbingan skripsi dan akademik, penelitian kemitraan, pengabdian kompetisi yang melibatkan mahasiswa, kuliah umum, kuliah lapangan, pemanfaatan fasilitas wifi, dan kegiatan English club mahasiswa, dan kegiatan Tuesday Meeting di tingkat universitas.