Sesuai dengan Visi Misi Fakultas Pendidikan Bahasa,“Menjadi Fakultas Pendidikan yang modern, profesional, berkarakter, berwawasan internasional dan berlandaskan Islam demi keutamaan kehidupan umat. maka ada baiknya semua civitas akademika yang terlibat didalam lingkup Fakultas bersama-sama untuk merumuskan rencana-rencana apa saja yang akan dilakukan agar Fakultas Pendidikan Bahasa beserta Program Studi yang terdapat didalamnya bisa terus berkembang dari segala aspek baik dari segi internasionalisasi, AIK dan Kemuhammadiyaan, penelitian, pengabdian, publikasi, serta sumberdaya dosen dan mahasiswa.

Untuk itu pada hari sabtu, tanggal 25 Agustus lalu Fakultas Pendidikan Bahasa telah melaksanakan Rapat Kerja Tahunan (RKT) dengan tema Peningkatan Kinerja Akademik Dosen dan Prestasi Mahasiswa FPB untuk Mewujudkan Fakultas Pendidikan Bahasa yang Professional Unggul dan Islami.

Acara ini dibuka dengan pemberian kata sambutan dari Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa, kemudian dilanjutkan dengan laporan tahunan dari masing-masing pimpinan Fakultas. adapun dalam laporannya, Dr. Suryanto selaku Dekan FPB memaparkan bahwa setidaknya ada 5 langkah strategis yang harus dilakukan untuk mencapai target IKS yaitu  penguatan AIK, peningkatan kualifikasi pendidik dan tendik, peningkatan prestasi mahasiswa, peningkatan kerjasama internasional dalam bidang akademik, kemahasiswaan dan research, serta peningkatan penggunaan IT dalam pembelajaran dan pelayanan.

Selanjutnya laporan tahunan dilanjutkan dengan pemaparan laporan dari bapak Dedi Suryadi, S.Pd.,M.Ed.,Ph.D selaku  Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Publikasi. dalam hal ini beliau memaparkan tentang kewajiban untuk untuk meneliti bagi seluruh dosen, selain itu untuk kedepannya Science Camp akan dilaksanakan di tingkat Fakultas dimana pengadaannya akan difokuskan pada ruang lingkup buku ajar dan artikel jurnal non scorpus. Dan terakhir beliau juga menjelaskan bahwasannya jumlah dosen yang mengikuti seminar dan conference juga harus semakin ditingkatkan.

Senada dengan Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Publikasi, Bapak Nanang Joko Purwanto, S.S.,M.Pd.I selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan turut memaparkan laporan tahunannya dengan fokus pada peningkatan pendidikan dan tendik,  peningkatan jumlah dosen  dengan Jabfung AA, Lektor, dan Lektor Kepala, peningkatan jumlah dosen bergelar S3, keseimbangan softskill dan hardskill dosen, serta keterlibatan aktif di perserikatan Muhammadiyah.

Agenda selanjutnya yaitu rapat komisi beserta laporan hasil rapat komisi yang mencakup target dan program kerja untuk TA 2018/2019 yang diakhiri dengan pemaparan rencana penggunaan anggaran untuk Fakultas, dan masing-masing bidang studi. Adapun hasil dari RKT Fakultas ini diharapkan bisa dijadikan acuan untuk menjalankan RKT di tingkat program studi dan bisa dijadikan acuan untuk  program kerja TA 2018/2019 .