Pada hari kamis, 16 Agustus 2018 kemarin, Fakultas Pendidikan telah mengadakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal OJS. Pelatihan tersebut diadakan sebagai langkah Fakultas untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pengelolaan jurnal oleh dosen-dosen dilingkup Fakultas Pendidikan Bahasa agar pengelolaan jurnal di Fakultas Pendidikan Bahasa terus terbarukan dan berkembang. Pelatihan tersebut dihadiri oleh beberapa dosen selaku penanggungjawab dan pengelola jurnal OJS tiap Program Studi dan Dekan serta Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Publikasi Fakultas Pendidikan Bahasa.

Acara ini diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan dari Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa. Dr. Suryanto menyampaikan bahwa pelatihan seperti ini sangat bagus dan berdampak baik baik Fakultas dan Universitas karena sebagai instansi Pendidikan sudah sepatutnya mendukung perkembangan ilmu dnegan menghasilkan jurnal-jurnal yang terstandar yang juga dapat menaikkan nilai akreditasi unit. Selin itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Publikasi, Bapak Dedi Suryadi, Ph.D juga menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan bahwa pengadaan pelatihan ini agar menyamakan persepsi para dosen mengenai pengelolaan jurnal dan sebagai langkah mendorong teman-teman untuk aktif dalam pembuatan jurnal, serta menyemarakkan iklim publikasi di Fakultas Pendidikan Bahasa dan menjadikan menulis sebagai rutinitas setiap tahun. Hal ini untuk membantu, memfasilitasi, dan mengawasi publikasi jurnal dilingkup Fakultas. Dan diharapkan dengan pengelolaan jurnal yang baik dapat meningkatkan akreditasi tiap Prodi yang ada di FPB.

Acara selanjutnya yaitu acara inti, dalam agenda kali ini, Bapak Hafiez Sofyani, S.E.,M.Sc. selaku salah satu dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkesempatan menjadi pembicara dan pelatih. Sebelum menyampaikan materinya, Bapak Hafiez melakukan evaluasi terhadap pengelolaan jurnal yang sudah ada pada tiap prodi untuk mengetahui kekurangan dari jurnal OJS yang sudah terkelola. Sehingga memudahkan beliau untuk menyampaikan apa yang perlu dilakukan oleh para dosen agar jurnal yang dikelola sesuai dengan standar yang telah ditetapkan seperti kelengkapan informasi dari jurnal maupun outhor, tampilan jurnal, dan penulisan jurnal. Dalam materinya, Bapak Hafiez menyampaikan bahwa mengelola jurnal memang cukup sulit dan rumit namun apabila sudah dilakukan akan memberikan banyak manfaat baik untuk pihak Universitas maupun Fakultas dan Prodi. Beliau juga mengimbuhkan bahwa jurnal yang dikategorikan sebagai jurnal yang baik adalah jurnal yang menyampaikan tujuan dan kontribusi yang tersurat dan jelas serta membandingkan hasil penitian dengan penelitian yang terdahulu.