Pada hari sabtu 2 juni 2018 Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah melaksanakan yudisium periode III tahun akademik 2017/2018. Penyelenggarakan acara ini di pimpin langsung oleh Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa yakni Dr. Suryanto serta dihadiri oleh pimpinan Fakultas Pendidikan yang lain seperti Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Publikasi, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Kemahasiswaan, dan juga para Ketua dan Sekertaris dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, serta Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Bertempat di Gedung KH. Ibrahim E.6, ruang Amphitheater lantai 5.

Pelaksanaan acara ini dimulai dengan pembacaan kalam illahi, pembukaan, laporan yudisium setiap prodi, pengambilan penandatanganan berita acara yudisium periode III TA. 2017/2018, penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL) kepada calon wisudawan/wisudawati serta diakhiri dengan job hunting training. Pada yudisium periode III TA. 2017/2018 ini Fakultas Pendidikan Bahasa berhasil meluluskan 58 mahasiswa diantaranya yaitu:

39 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

8 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab

11 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Jepang

Predikat wisudawan terbaik Fakultas Pendidikan Bahasa periode III tahun 2017/2018 diraih oleh Danti Hidayati yang merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Ia telah menyelesaikan masa studi selama 3 tahun, 8 bulan, dan 3 hari dengan IPK 3.98 dan juga meraih predikat cumlaude. Dalam sambutannya, Danti menuturkan bahwa “saya mengucapka terima kasih kepada dosen, staf, dan teman seperjuangan yang telah membantu saya untuk mendapatkan pengalaman baru serta membentuk kepribadian saya menjadi seperti ini”.

Selanjutnya, Dr. Suryanto selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa menyampaikan ucapan selamat untuk para wisudawan/I atas keberhasilannya stage terakhir pada jenjang pendidikan S1. Beliau juga menegaskan bahwa hari yudisium ini merupakan titik awal bagi para wisudawan/i untuk segera menemukan hal baru untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan. “Teruslah belajar, cari passion, asah terus kemampuan untuk mencari jodoh kerja” imbuhnya.

Sesi terakhir dalam acara ini yakni Job Hunting Training yang dibimbing langsung oleh ibu Rr. Sri Handari W, SE., M.Si beliau merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas muhammadiyah Yogyakarta. Dalam materinya beliau menyampaikan kiat-kiat bagaimana menjadi mahasiswa fresh graduated non jobless. Beliau juga memberikan tips bagaimana melamar pekerjaan seperti pembuatan surat dan CV. Dan juga bagaimana kita harus bersikap dan menjawab pertanyaan pada saat interview.