Sesuai dengan visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi “Universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat”, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian kepada MAsyarakat (LP3M) UMY mengadakan sosialisasi program LP3M di tiap Fakultas di UMY. Program tersebut bertujuan untuk menerangkan kepada para dosen mengenai sistematika penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang baru, yang telah dirancang oleh LP3M.

Pada hari Rabu, 31 Oktober 2018, Fakultas Pendidikan Bahasa menjadi tuan rumah diselenggarakannya Sosialisasi program LP3M tersebut. Sosialisasi ini dihadiri oleh 28 dosen FPB yang terdiri dari Prodi PBI, PBA, dan PBJ dan Tim pembicara dari LP3M yakni: Dr. Ir. Gatot Supangkat M.P, Dianita Sugiyo, S.Kep.,Ns.,MHID, Budi Nurgroho, SIP, Dr. Aris Slamet Widodo, Dr. Adhianty Nurjanah, Dr. Dyah Mutiarin, dan Iswanto, S.T.,M.Eng. Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Dr. Suryanto selaku Dekan FPB, beliau menyampaikan bahwa penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pekerjaan kita selaku dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan semoga dengan diberikannya sosialisasi dari LP3M ini dapat membantu kita untuk lebih memahami tugas kita dibidang penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat, ujarnya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua LP3M yakni Bapak Gatot Supangkat, beliau menyampaikan terima kasih kepada FPB yang telah menerima Tim dari LP3M untuk dapat mensosialisasikan program mengenai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada dosen-dosen Fakultas Pendidikan Bahasa, dan semoga dengan diadakannya sosialisasi ini dapat memacu semangat daripada para dosen untuk menghasilkan karya-karya terbaru dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”imbuhnya”.

Acarapun dilanjutkan dengan penyampaian materi dari tim LP3M, pertama-tama Tim memperkenalkan keanggotaan structural LP3M yang baru beserta bidang-bidang yang diampu. Yang kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai kebijakan-kebijakan dalam bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, mekanisme pengumpulan proposal penelitian, hibah, dan juga pengabdian kepada masyarakat yang disusul dengan timeline penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilakukan oleh para dosen. Sesi akhir dari sosialisasi ini disisi dengan diskusi. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan dapat memicu semangat para dosen FPB untuk melakukan penelitian maupun pengabdiam kepada masyarakat. Dengan meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan keuntungan untuk akreditasi Prodi dan Fakultas, maupun bagi jabatan fungsional para dosen