Sejarah

Sejarah Fakultas

Fakultas Pendidikan Bahasa adalah Fakultas baru di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMY No: 109/SK UMY/IV/2013 tanggal 11 April 2013. Fakultas Pendidikan Bahasa memiliki 3 Program Studi : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, dan Pendidikan Bahasa Jepang.

Pendirian Fakultas Pendidikan Bahasa tentu tidak dapat dipisahkan dari berdirinya tiga prodi di dalamnya dan Pusat Pelatihan Bahasa serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY sebagai “bidan-bidan” berdirinya Fakultas Pendidikan Bahasa. Dimulai dari persetujuan lisan dari Ir. Dasron Hamid, M.Sc. selaku rektor UMY pada masa itu, dimulailah pembuatan proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang dimotori oleh Kepala Pusat Pelatihan Bahasa UMY, Jati Suryanto, S.Pd. Tim Task force yang diketuai Suryanto, S.Pd., M.H.Sc. segera bergerak melakukan riset pasar dan studi kelayakan dilanjutkan dengan penyusunan proposal pendirian Prodi ke Ditjend Dikti pada tahun 2009. Didukung anggota tim yang solid yang terdiri dari Maryam Sorohiti, SS. M.H.Sc., Gendroyono, S.Pd., M.Pd, Sri Sudarsi, SS., Eko Purwanti, S.Pd., M.Hum, Jati Suryanto, S.Pd., Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., MA, Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., MA dan Indah Puspawati, S.Pd., siang malam tim ini bekerja demi terwujudnya Prodi yang dicita-citakan. Akhirnya pada bulan Mei 2010, prodi baru itupun berdiri dengan menginduk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pada waktu itu dipimpin Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. Banyak sekali peran Fisipol dalam mendukung berlanjutnya pendirian program studi lainnya.

Tidak lama setelah berdirinya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kepala Pusat Pelatihan Bahasa segera mengumpulkan instruktur Bahasa Arab dan Bahasa Jepang di unit kerjanya untuk mempersiapkan proposal pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Jepang. Dipimpin Erfan Ghazali, S.Ag., M.Ag. dan Ana Taqwa Wati, S.Pd.I. untuk Bahasa Arab dan Drs. Muhamad Kusnendar dan Drs. Mahmud Janal, proposal pendirian kedua Prodi baru itu selesai dan dikirim ke Ditjen Dikti pada tahun 2011. Selanjutnya dengan dukungan tenaga-tenaga muda lulusan dari UIN Sunankalijaga Yogyakarta berdirilah Prodi Pendidikan Bahasa Arab pada tahun 2012 dan dengan SDM lulusan Pasca Sarjana UPI Bandung yang dimotori Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D. berdirilah Prodi Pendidikan Bahasa Jepang pada tahun 2013.
Dengan telah berdirinya 3 Prodi tersebut, Rektor UMY Ir. Dasron Hamid pada akhir masa jabatannya menetapkan berdirinya Fakultas Pendidikan Bahasa pada bulan Oktober 2013. Dengan SK tanggal 15 Oktober 2013, ditetapkanlah Jati Suryanto, S.Pd., MA, sebagai pejabat Dekan antar waktu sampai terpilihnya Dekan definitive yang akan dilantik pada bulan Juni 2013. Dengan demikian mulailah sejarah baru FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA, nama fakultas yang fenomenal karena dipilih oleh Rektor yang legendaris dalam akhir masa jabatannya yang sangat heroik. Surat Keputusan Rektor tentang pendirian Fakultas Pendidikan Bahasa ditandatangani oleh Rektor baru, Profesor Dr. Bambang Cipto MA pada tanggal 11 April 2013.
Pimpinan Fakultas yang pertama kali adalah Dekan: Jati Suryanto, S.Pd., MA, Wakil Dekan 1: Drs. M. Kusmendar, M.Pd., Dan Wakil Dekan 2: Dedi Suryadi, M.Ed., Ph.D.