4 Mahasiswa pendidikan Bahasa Arab, yakni Malikhatun Nasikhah (2015), Isya Mawaddah (2016), Zunairoh (2017) dan Zera Ilhami (2015)  telah kembali dari Jakarta dengan membawa sebuah prestasi gemilang. 4 mahasiswa tersebut baru saja mengikuti Semarak Festival Arab (SAFAR) yang dihelat oleh Universitas Negeri Jakarta pada 20 – 23 November 2017 lalu.

Acara ini diikuti oleh sebanyak 928 peserta yang berasal dari 63 universitas ternama di seluruh Indonesia, baik Negeri maupun Swasta seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, Universitas Islam Negeri (UIN) Yogya, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Universitas Islam Indonesia (UII), dan masih banyak lagi.

Adapun perlombaan yang dilombakan dalam festival kali ini yakni sebanyak  10 perlombaan, antara lain Hadroh, Musabaqoh Hifdzu Qura’an (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Baca Cerita Arab, Puisi Arab, Pidato Arab, Lomba Cerdas Cermat, Debat Bahasa Arab, Lomba Nyanyi Arab, dan terakhir Khaligrafi. Dari 10 cabang yang diperlombakan tersebut, PBA UMY hanya mengikuti  3 cabang Lomba yakni MHQ, Lomba Pidato Bahasa Arab dan Lomba Menyanyi Bahasa Arab. Namun,  Malikhatun Nasikhah (2015) dan kawan kawan mampu membuktikan bahwa walaupun mereka hanya mengikuti sedikit lomba, tetapi mereka berhasil membawa pulang sebuah tropi yakni juara 3 lomba MHQ.

“saya sangat senang bisa bisa mendapatkan peringkat 3 dalam kompetisi tersebut, tetapi alangkah akan lebih senang lagi kalau saya bisa memperoleh peringkat 1”, ungkap Malikhatun. Kemudian Malikhatun menambahkan bahwa dilain waktu PBA UMY harus bisa menjuarai ajang lomba dalam skala Internasional karna hal itu tidaklah mustahil mengingat semangat dan kerja sama antara Dosen PBA dan mahasiswa sangat bagus tutupnya.